Menarik Untuk Dibaca

KASUS ALVEOLEKTOMI

LAPORAN KASUS ALVEOLEKTOMI Seorang pasien perempuan berusia tahun datang ke RSGMP dengan keluhan ingin membuat gigi tiruan penuh pada rahang atas dan bawah . Dari pemeriksaan subjektif didapatkan bahwa pasien tidak memiliki kelainan penyakit sistemik dan alergi obat. Pada hari pertama datang, pasien dirujuk ke bagian prosthodonti untuk mem e riksakan apakah pembuatan gigi tiruan bisa dilakukan atau tidak. Pada pemeriksaan intraoral terlihat adanya penonjolan pada tulang tepatnya di ridge alveolar pada regio gigi 43 . Sewaktu di palpasi didapat adanya rasa sakit, runcing dantajam . Berdasarkan hasil pemeriksaan pasien mempunyai eksostosis pada ridge alveolar pada regio gigi 44 , yang dapat mengganggu pada pembuatan gigi tiruan. BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar  Belakang Seseorang akan menggunakan gigi geligi permanen seumur hidupnya. Namun, gigi dapat hilang karena berbagai faktor penyakit gigi yaitu karies dan penyakit periodontal, atau proses penuaan

Laporan Kasus Odontektomi (TINJAUAN PUSTAKA + Penatalaksanaan )

2.8       Penatalaksanaan

Orang seringkali tidak menyadari memiliki gigi bungsu yang impaksi totalis maupun parsialis karena asimtomatik, tidak ada gejala sama sekali. Banyak pasien terkejut ketika diberitahu mempunyai gigi impaksi, namun merasa tidak memerlukan tatalaksana. Gigi impaksi tersebut biasanya ditemukan secara kebetulan pada pemeriksaan klinis dan radiografis saat memeriksakan gigi/mulut. Dari pemeriksaan foto dental dan atau panoramik seorang spesialis bedah mulut dapat memprediksi gigi tersebut akan mampu erupsi sempurna atau tidak, dan merencanakan tatalaksana sesuai indikasi.Tatalaksana dapat berupa tindakan dengan pembedahan atau tanpa pembedahan (Rahayu, 2014).

2.8.1    Tanpa Pembedahan

Seseorang dapat hidup dengan gigi impaksi baik partialis maupun totalis tanpa mengalami gangguan. Pada gigi bungsu impaksi partialis, bersih, asimtomatik, tindakan odontektomi masih dapat ditunda atau bahkan dihindari. Bila diputuskan demikian, perlu ditekankan kewaspadaan berupa upaya perawatan pribadi yang lebih cermat dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik, serta melakukan pemeriksaan rutin gigi geligi.  Pada gigi bungsu yang mengalami impaksi totalis, pasien dianjurkan waspada terhadap kemungkinan terjadi degenerasi kistik kantung folikel gigi (dental sac). Pasien dianjurkan secara berkala datang ke dokter spesialis bedah mulut yang akan memantaunya dengan membuat foto dental setiap 1-2 tahun sekali agar kista dentigerous yang mungkin terjadi dapat dideteksi awal (Rahayu, 2014)

2.8.2    Dengan Pembedahan (Odontektomi)

Sebagaimana pembedahan pada bagian tubuh lain,perlu diwaspadai penyakit sistemik khususnya pada pasiendewasa tua seperti gangguan metabolisme, penyakit sistemkardiovaskular, dan obat yang sedang diminum contohnya aspilet. Bila ada infeksi, maka infeksi harus dihilangkanlebih dahulu (Rahayu, 2014).

1.        Operkulektomi

Tindakan bedah yang dilakukan tergantung pada jenis kasus, mulai dari tindakan  sederhana seperti operkulektomi dengan kauter yaitu pengangkatan operkulum yang menutupi  gigi yang diprediksi dapatmuncul ke permukaan gingiva (Archer, 1974; Rahayu, 2014).

2.        Odontektomi

Tindakan yang radikal adalah odontektomi, yaitu pengangkatan gigi impaksi dengan pembedahan. Odontektomi dengan anestesi lokal, dapat dilakukan pada pasien yang kooperatif, dan cukup dirawat jalan. Pada pasien dengan tingkat ansietas tinggi, diberikan anestesi lokal ditambah sedasi sadar, atau dengan anestesi umum. Anestesi umum khususnya diberikan pada kasus impaksi yang sangat sulit, atau pada pasien yang tidak kooperatif, seperti penderita gangguan mental. Pasien harus dirawat inap dan diberikan premedikasi seperlunya pada pra-bedah dan saat pemulihan pasca bedah. Pada beberapa pasien ketika mengetahui memiliki gigi bungsu impaksi, secara spontan menghendaki odontektomi walaupun tanpa keluhan. Hal tersebut ditujukan untuk menghindari kemungkinan komplikasi yang mungkin timbul kelak. Tindakan profilaksis tersebut dikenal dengan odontektomi preventif odontektomi jauh lebih sulit dan berisiko lebih tinggi bila dilakukan pada gigi impaksi totalis-vertikal dibandingkan dengan gigi impaksi parsialis-horisontal (Friedman, 2007).

Tindakan odontektomi lebih mudah dilakukan pada pasien usia muda saat mahkota gigi baru saja terbentuk, sementara apeks gigi belum sempurna terbentuk. Jaringan tulang sekitar juga masih cukup lunak sehingga trauma pembedahan minimal, tidak mencederai nervus atau jaringan sekitar. Odontektomi pada pasien berusia diatas 40 tahun, tulangnya sudah sangat kompak dan kurang elastis, juga sudah terjadi ankilosis gigi pada soketnya, menyebabkan trauma pembedahan lebih besar, dan proses penyembuhan lebih lambat.  Odontektomi kadang-kadang perlu dilakukan pada dewasa tua, misalnya bila gigi impaksi tersebut diperkirakan akan mengganggu stabilisasi gigi tiru yang akan dipasang. Selain itu, spesialis bedah mulut kadang-kadang menerima rujukan pasien dari spesialis ortodonsia agar mencabut gigi bungsu yang impaksi. Tindakan itu dimaksudkan agar gigi geligi yang akan ataupun yang sudah diatur posisinya tidak kembali malposisi karena desakan gigi yang impaksi (Friedman, 2007; Rahayu, 2014).

Tindakan odontektomi harus dilakukan pada gigi bungsu dan molar kedua yang gangren pulpa serta pada kasus infeksi perikoronal yang berulang agar tidak timbul kedaruratan medik. Odontektomi disertai enukleasi kista dan kuretase tulang sekitarnya dilakukan pada kasus kista dentigerous dan kista radicular (Friedman, 2007; Rahayu, 2014).

Comments

Baca Juga

KASUS ALVEOLEKTOMI

13 PENYEBAB BAU MULUT (HALITOSIS)

SCALLOPED TONGUE ATAU LIDAH BERLEKUK-LEKUK

Ini Dia Ciri- Ciri Orang Pintar , Apakah Kamu Salah Satunya

ANDA HARUS TAU SELURUH GIGI BAKAL RUSAK HANYA KARENA SATU GIGI HILANG

Laporan Kasus Odontektomi (LAPORAN KASUS )

SIKAT GIGI YANG BAIK UNTUK MEMBERSIHKAN GIGI

Cara menghilangkan jerawat secara alami

FISSURED TONGUE OR LIDAH BERFISURRE

ULKUS TRAUMATIKUS DAN SAR MINOR