Menarik Untuk Dibaca

KASUS ALVEOLEKTOMI

LAPORAN KASUS ALVEOLEKTOMI Seorang pasien perempuan berusia tahun datang ke RSGMP dengan keluhan ingin membuat gigi tiruan penuh pada rahang atas dan bawah . Dari pemeriksaan subjektif didapatkan bahwa pasien tidak memiliki kelainan penyakit sistemik dan alergi obat. Pada hari pertama datang, pasien dirujuk ke bagian prosthodonti untuk mem e riksakan apakah pembuatan gigi tiruan bisa dilakukan atau tidak. Pada pemeriksaan intraoral terlihat adanya penonjolan pada tulang tepatnya di ridge alveolar pada regio gigi 43 . Sewaktu di palpasi didapat adanya rasa sakit, runcing dantajam . Berdasarkan hasil pemeriksaan pasien mempunyai eksostosis pada ridge alveolar pada regio gigi 44 , yang dapat mengganggu pada pembuatan gigi tiruan. BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar  Belakang Seseorang akan menggunakan gigi geligi permanen seumur hidupnya. Namun, gigi dapat hilang karena berbagai faktor penyakit gigi yaitu karies dan penyakit periodontal, atau proses penuaan

13 PENYEBAB BAU MULUT (HALITOSIS)

     Gigi adalah bagian dari diri kita yang amat penting, karena gigi berkaitanlangsung dengan kesehatan dan penampilan. Kesehatan gigi dan mulut seringkali diabaikan oleh masyarakat. Mereka menganggap kesehatan lain lebih  penting ketimbang kesehatan gigi dan mulut. bau mulut adalah salah satu masalah yang tidak disadari oleh si penderita . karena yang paling merasakan efeknya adalah orang - orang disekitar anda.


www.google.com
BERIKUT 13  PENYEBAB BAU MULUT (HALITOSIS)
  • Karang Gigi
Karang Gigi merupakan salah satu penyebab bau mulut yang dapat menyebabkan terganggungnya komunikasi kita dengan lawan bicara saat melakukan pembicaraan serius maupun sekedar obrolan santai. Karang gigi ataupun disebut juga kalkulus gigi yang merupakan plak gigi yang mengeras, adapun plak gigi sendiri terbentuk dari lapisan bening gigi dan kuman. Saat plak gigi dan zat kapur yang beada dalam air liur menyatu membentuk karang gigi. Plak gigi adalah cikal bakal karang gigi saat bakteri dalam mulut bercampur dengan sisa makanan dan protein. Untuk itu plak gigi ini perlu dibersihkan secara teratur agar tidak terbentuknya karang gigi, karena karang gigi tersebut adalah plak gigi yang menjadi keras dan tumbuh secara perlahan sedikit demi sedikit diarea gigi sehingga dapat menyebabkan timbulnya bau mulut.
  • Gigi Berlubang
Gigi Berlubang, seperti kita ketahui bersama bahwa gigi berlubang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti sedikit malas menggosok gigi dan makan makanan yang keras juga faktor umur yang menyebabkan gigi mudah untuk berlubang. Sehingga, saat gigi berlubang kuman dan bakteri tidak baik dapat menyebabkan timbulnya bau mulut dan dapat membuat tidak nyaman.
  • Penyakit Sistemik
Faktor penyakit sistemik seperti kencing manis, penyakit jantung, penyakit hati, penyakit saluran pernafasan, gangguan pencernaan bahkan sakit maag akan mempengaruhi keseimbangan asam basa didalam mulut sehingga akan timbul aroma tidak sedap yang keluar dari mulut penderita penyakit sistemik ini.
  • Kurangnya Asupan Bergizi
Asupan bergizi bagi tubuh yang kita konsumsi setiap hari tentu akan berpengaruh pada kesehatan kita, khususnya pada kesehatan mulut dan gigi sehingga akan mempengaruhi nafas dan bau mulut kita. Akibat kekurangan karbohidrat salah satunya dapat menimbulkan berbagai penyakit salah satunya menyebabkan bau mulut salah satunya disebabkan asam lambung dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.
  • Perokok
Seperti kita ketahui bersama, aktifitas merokok akan sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan khususnya gigi dan mulut, selain akan timbul noda pada gigi karena mengandung tar dan nikotin rokok akan menyebabkan bau mulut yang sulit untuk dihilangkan.
  • Alkohol
Alkohol sebagai penyebab bau mulut berikutnya dikarenakan berpotensi mengakibatkan masalah pada pencernaan sehingga akan menyebabkan bau mulut.
  • Kesehatan Rongga Mulut yang Buruk
kesehatan rongga mulut yang tidak baik tentu akan menyebabkan masalah bau nafas yang tidak sedap sehingga akan menyebabkan Anda kurang optimal dalam berkomunikasi dengan orang lain.
Demikian beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah bau mulut atau nafas yang tidak sedap, ada baiknya kita memperhatikan lebih terhadap kesehatan gigi dan mulut mulai dari sekarang. Kami percaya Anda berhak mendapatkan yang terbaik untuk kesehatan mulut dan gigi dalam menunjang kegiatan dan aktifitas sehari-hari.
  • Xerostomia (mulut kering karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut)

  • Gangguan saluran pencernaan seperti infeksi oleh bakteri H.pylori dan penyakit refluk gastro-esofageal.

  • Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip (aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan)

  • Diabetes.
Ciri khas dari bau mulut penderita diabetes adalah baumulut seperti logam.dikarenakan gula darah yang tinggi di cairan tubuh penderita diabetes. diabetes juga berhubungan dengan xerostemia(mulut kering)
  • Gangguan hati. 

  • Infeksi saluran pernapasan. 

Perhatikan juga apa yang Anda makan. Hindari makanan seperti bawang bombai, dan juga bawang putih yang memiliki bau yang cukup menyengat. Dan pilihlah camilan yang lebih sehat seperti apel atau wortel mentah. Karena kandungan air di dalamnya dapat membantu membersihkan mulut. Mengonsumsi makanan yang sehat dan makan teratur juga bisa membantu untuk mencegah bau mulut.

Comments

Baca Juga

KASUS ALVEOLEKTOMI

SCALLOPED TONGUE ATAU LIDAH BERLEKUK-LEKUK

Ini Dia Ciri- Ciri Orang Pintar , Apakah Kamu Salah Satunya

ANDA HARUS TAU SELURUH GIGI BAKAL RUSAK HANYA KARENA SATU GIGI HILANG

Laporan Kasus Odontektomi (LAPORAN KASUS )

SIKAT GIGI YANG BAIK UNTUK MEMBERSIHKAN GIGI

Cara menghilangkan jerawat secara alami

FISSURED TONGUE OR LIDAH BERFISURRE

ULKUS TRAUMATIKUS DAN SAR MINOR