Menarik Untuk Dibaca

KASUS ALVEOLEKTOMI

LAPORAN KASUS ALVEOLEKTOMI Seorang pasien perempuan berusia tahun datang ke RSGMP dengan keluhan ingin membuat gigi tiruan penuh pada rahang atas dan bawah . Dari pemeriksaan subjektif didapatkan bahwa pasien tidak memiliki kelainan penyakit sistemik dan alergi obat. Pada hari pertama datang, pasien dirujuk ke bagian prosthodonti untuk mem e riksakan apakah pembuatan gigi tiruan bisa dilakukan atau tidak. Pada pemeriksaan intraoral terlihat adanya penonjolan pada tulang tepatnya di ridge alveolar pada regio gigi 43 . Sewaktu di palpasi didapat adanya rasa sakit, runcing dantajam . Berdasarkan hasil pemeriksaan pasien mempunyai eksostosis pada ridge alveolar pada regio gigi 44 , yang dapat mengganggu pada pembuatan gigi tiruan. BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar  Belakang Seseorang akan menggunakan gigi geligi permanen seumur hidupnya. Namun, gigi dapat hilang karena berbagai faktor penyakit gigi yaitu karies dan penyakit periodontal, atau proses penuaan

SCALLOPED TONGUE ATAU LIDAH BERLEKUK-LEKUK

LAPORAN KASUS ORAL MEDICINE

  Nama                     : 

  No. Rekam Medis    : 

  Jenis Kelamin         :  Perempuan

  Alamat                   :  

  Agama                   :  



PENDAHULUAN

     Lidah merupakan salah satu organ di rongga mulut yang paling peka terhadap perubahan yang terjadi di dalam tubuh. Lidah sebagai indera pengecap mempunyai beberapa fungsi yaitu membantu proses pengecapan dan perasa, mengatur letak makanan ketika dikunyah, dan membantu menelan.

  Banyak kelainan yang dijumpai pada lidah yang termasuk kedalam istilahanomali lidah”. Beberapa kelainan tersebut tidak menunjukkan gambaran yang berarti yang cukup sering terjadi sehingga dapat dianggap sebagai suatu variasi normal.

 

LAPORAN KASUS

   Pasien perempuan berusia 54 tahun datang ke RSGM dengan keluhan terdapat pada kedua tepi lidah terbentuk lekukan-lekukan. Pasien merasa tidak nyaman karena makanan sering terselip dilidah dan bau tidak sedap pada mulut. Pasien mengatakan bahwa lidahnya sudah terbelah sudah lama, dan semakin lama semakin terlihat jelas namun tidak menimbulkan rasa sakit. Sehingga pasien tidak pernah mengkonsumsi obat-obatan untuk menghilangkannya. Pasien tidak dalam keadaan demam. Pasien menyangkal adanya penyakit sistemik dan alergi obatobatan tertentu.



Hasil pemeriksaan intra oral :

  Gingiva  : Normal

  Palatum  : Normal

  Frenulum  : Normal

  Dasar mulut  : Normal

  Mukosa bukal  : Normal

  Mukosa labial  : Normal

  Lidah  : Adanya lekukan- lekukan pada pinggir lidah




            Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan didapatkan diagnosis untuk pasien tersebut adalah scalloped tongue etiologi untuk scaaloped tongue diduga terjadi karna susunan gigi yang tidak teratur. Penatalaksanaan yang dilakukan adalah pemberian edukasi, diantaranya :

  - Menyikat gigi 2 kali sehari

  - Lidah dibersihkan 2 kali sehari menggunakan sikat gigi yang halus atau tongue scraper

  - Mengonsumsi air putih, sayur-sayuran, dan buah-buahan yang cukup.

  - Mengurangi makan makanan yang pedas dan berbumbu.


DISKUSI

    Lidah merupakan massa jaringan pengikat dan otot lurik yang diliputi oleh membran mukosa. Lidah terletak di dalam mulut, lidah berwarna merah dan permukaannnya tidak rata. Lidah terdiri atas dua kelompok otot yaitu otot intrinsik dan otot ekstrinsik. Selaput lendir ini tampak kasar karena adanya tonjolan-tonjolan yang disebut papila yang merupakan akhiran-akhiran saraf pengecap dan terletak pada seluruh permukaan lidah.



 2.SCALLOPED TONGUE

  Scallope tongue adalah keadaan yang umum ditandai oleh lekukan-lekukan pada tepi lateral lidah. Keadaan tersebut biasanya bilateral,tetapi dapat unilateral atau terisolasi pada daerah dimana lidah berkontak erat dengan gigi-gigi. Tekanan abnormal dari gigi-gigi pada lidah mencetak pola tertentu, yang tampak sebagai oval-oval cekung yang dibatasi tepi seperti kerang yang putih dan menimbul. Adanya teraan gigi pada lidah yang biasanya disebabkan karena kebiasaan mendorong-mendorong lidah pada gigi atau terjadi pada pasien makroglosia. Ciri dan gejala klinis dari scalloped tongue adalah lekukan-lekukan pada tepi lateral lidah. Keadaan tersebut biasanya bilateral, tetapi dapat unilateral atau terisolasi pada daerah dimana lidah berkontak erat dengan gigi-gigi


 DIAGNOSIS BANDING

   Diagnosis banding dari Scallope tongue adalah focal hiperkeratosis. Fokal hiperkeratosisa adalah penyakit iritasi kronis yang disebabkan oleh suatu trauma ringan, atau suatu lesi putih yang berhubungan dengan gesekan kronis pada permukaan mukosa, biasanya terdapat pada odontolous, mukosa bukal, bibir  dan bagian lateral  lidah. Akibat gesekan yang terjadi terus menerus terjadi reaksi protektif  sehingga lapisan mukosanya menebal. Apabila dilakukan pemeriksaan mikroskopis maka akan tampak beberapa sel inflamasi/sel radang. Etiologi dari focal hiperkeratosis adalah akibat gesekan yang terjadi terus menerus pada lidah, misalnya terkait dengan kebiasaan mendorong lidah, maka akan tampak lidah belekuk karena lapisan keratinnya menebal.


KESIMPULAN

   Pada kasus diatas dapat didiagnosis pasien mengalami scalloped tongue karena pada dorsum lidah pasien ditemukan adanya lekukan- lekukan pada pinggir lidah. Tidak diperlukan obat-obatan untuk kasus ini, pengobatan hanya bersifat menjelaskan kepada pasien bahwa keadaan ini tidak berbahaya, selain itu instruksikan kepada pasien untuk selalu menjaga kebersihan rongga mulut dengan cara menyikat gigi 2x sehari yaitu pagi setelah makan dan malam sebelum tidur, menggunakan sikat lidah (tounge scraper) atau menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, menggunakan dental floss serta menggunakan obat kumur bila perlu. Menyarankan pasien untuk berkumur-kumur setelah makan juga perlu diberitahukan. Serta anjuran kepada pasien untuk banyak minum air putih, selain itu perbanyak mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran. Beritahukan pasien untuk selalu melakukan pemeriksaan gigi dan mulut sekali 6 bulan. Keberhasilan perawatan fissure tongue tergantung dari cara pasien menjaga oral hygiene, untuk menghindari faktorfaktor yang dapat memperburuk kondisi lidahnya.

Comments

Baca Juga

KASUS ALVEOLEKTOMI

Laporan Kasus Odontektomi (TINJAUAN PUSTAKA + klasifikasi Molar IMPAKSI)

ANDA HARUS TAU SELURUH GIGI BAKAL RUSAK HANYA KARENA SATU GIGI HILANG

TUSUK GIGI MEMBUAT KETERGANTUNGAN DAN SEBABKAN KERUSAKAN GIGI

Ini Dia Ciri- Ciri Orang Pintar , Apakah Kamu Salah Satunya

Cara menghilangkan jerawat secara alami

FISSURED TONGUE OR LIDAH BERFISURRE

ULKUS TRAUMATIKUS DAN SAR MINOR

13 PENYEBAB BAU MULUT (HALITOSIS)