Menarik Untuk Dibaca

KASUS ALVEOLEKTOMI

LAPORAN KASUS ALVEOLEKTOMI Seorang pasien perempuan berusia tahun datang ke RSGMP dengan keluhan ingin membuat gigi tiruan penuh pada rahang atas dan bawah . Dari pemeriksaan subjektif didapatkan bahwa pasien tidak memiliki kelainan penyakit sistemik dan alergi obat. Pada hari pertama datang, pasien dirujuk ke bagian prosthodonti untuk mem e riksakan apakah pembuatan gigi tiruan bisa dilakukan atau tidak. Pada pemeriksaan intraoral terlihat adanya penonjolan pada tulang tepatnya di ridge alveolar pada regio gigi 43 . Sewaktu di palpasi didapat adanya rasa sakit, runcing dantajam . Berdasarkan hasil pemeriksaan pasien mempunyai eksostosis pada ridge alveolar pada regio gigi 44 , yang dapat mengganggu pada pembuatan gigi tiruan. BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar  Belakang Seseorang akan menggunakan gigi geligi permanen seumur hidupnya. Namun, gigi dapat hilang karena berbagai faktor penyakit gigi yaitu karies dan penyakit periodontal, atau proses penuaan

Kebiasaan Remeh Yang Berpengaruh Terhadap Kesehatan Gigi


        Kebiasaan Remeh Yang Berpengaruh Terhadap Kesehatan Gigi ternyata ada banyak loh. Bahkan secara tidak sadar dalam keseharian banyak yang dilakukan tanpa tahu kalau itu memiliki dampak buruk bagi kesehatan mulut dan gigi. Duh, jadi kebayang bagaimana rasa sakit saat sakit gigi? Selain nyeri yang rasanya tembuh ke ujung kepala dan kaki, juga kondisi mood yang kacau dan suka marah-marah. Melelahkah sekali bukan? Belum lagi saat perut lapar tapi mulut tidak bisa dimasuki makanan. Sangat menyebalkan dan juga menderita. Oleh karena itu, mari simak ulasan berikut ini agar tahu kebiasaan kecil apa saja yang dapat berpengaruh pada kondisi gigi.

Sering Bernapas Lewat Mulut
        Siapa sangka jika kegiatan remeh satu ini ternyata memiliki dampak untuk gigi? Nyatanya, jika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus dapat menimbulkan plak atau karang gigi terutama untuk gigi seri. Jadi, jika tidak dalam kondisi darurat atau sedang menjalani terapi serta olah raga, sebaiknya bernapas tetap menggunakan hidung. Selain lebih sehat karena di hidung ada filter yang menyaring udara, juga lebih bagus untuk latihan memperluas daya tampung paru-paru.

Suka Gula dan Makanan Manis
        Bukan rahasia lagi jika gula dan makanan manis menjadi salah satu pencetus beragam masalah kesehatan pada gigi. Makanan yang tinggi kadar gula seperti cake manis, coklat susu, permen, gulali dan beragam makanan manis lain, ketika tertinggal di dalam mulut atau sela-sela gigi dapat diserbu oleh kuman. Lantaran manis, maka kuman pun semakin mudah berkembang biak dan mensekresikan hasil metabolisme bersifat asam yang dapat merusak enamel gigi. Belum lagi jika tidak segera dibersihkan, kuman-kuman tersebut akan tinggal di sela-sela gigi dan menyebabkan beragam masalah kesehatan gigi yang lainnya.

Minum-minuman Berwarna Pekat
        Hayo loh yang suka ngopi atau ngeteh bagaimana kabar? Apalagi jika tidak diiringi dengan perawatan gigi yang memadai. Coba cek, apakah enamel gigi sudah berwarna kekuningan atau malah sebagian sudah mulai menghitam? Itu dia salah satu dampak buruk dari minum-minuman berwarna pekat. Tetapi bukan hanya teh dan kopi saja ya, kuah cuko empek-empek juga turut menyumbang kerusakan pada enamel gigi. Jadi, usahakan untuk selalu gosok gigi setelah makan dan bersihkan sela-sela dengan benang gigi agar kondisi mulut dan gigi tetap sehat.

        Demikian beberapa hal kecil yang dapat memengaruhi kesehatan gigi jika tidak diperhatikan mulai sekarang. Mengingat gigi adalah organ penting di dalam sistem pencernaan dan keberadaannya memiliki peran yang sangat vital. Oleh karena itu, sejak dini haruslah menghindari hal-hal kecil yang bisa memperburuk kondisi gigi dan mulut serta menjaganya agar tetap sehat. Jangan sampai baru bertindak, ketika gigi sudah dalam kondisi tidak baik. Selain rasa sakit, juga membutuhkan anggaran yang tidak sedikit untuk menyelesaikannya. Salam sehat. 

Comments

Baca Juga

KASUS ALVEOLEKTOMI

Laporan Kasus Odontektomi (TINJAUAN PUSTAKA + klasifikasi Molar IMPAKSI)

ANDA HARUS TAU SELURUH GIGI BAKAL RUSAK HANYA KARENA SATU GIGI HILANG

SCALLOPED TONGUE ATAU LIDAH BERLEKUK-LEKUK

TUSUK GIGI MEMBUAT KETERGANTUNGAN DAN SEBABKAN KERUSAKAN GIGI

Ini Dia Ciri- Ciri Orang Pintar , Apakah Kamu Salah Satunya

Cara menghilangkan jerawat secara alami

FISSURED TONGUE OR LIDAH BERFISURRE

ULKUS TRAUMATIKUS DAN SAR MINOR

13 PENYEBAB BAU MULUT (HALITOSIS)